Cara Setting Tag Header Robot Ubahsuaian Blogger

Semenjak beralih ke dasbor blogger baru, banyak hal yang saya temui untuk optimasi SEO blog. Salah satunya yaitu setting tag header robot ubahsuaian blogger yang terdapat pada fitur baru blogger. Postingan ini sebenarnya sudah pernah saya singgung sebelumnya pada Optimasi SEO dengan Search Preferences Blogger namun pada postingan ini saya akan membahasnya secara detil. Jika Anda sudah familiyar dengan dasbor blogger baru tentu Anda tidak asing lagi dengan fitur search preferences ini, disana kita dapat menyesuaikan atau mensetting tag header dan robots.txt blog agar mempermudah ketika google meng-crawl blog yang kita miliki.

Setting tag header robot ubahsuaian blogger pada fitur preferences blogger ini sebenarnya berfungsi agar mempermudah kita dalam optimasi blog, sehingga kita tidak perlu lagi disibukkan oleh penyesuaian meta tag blog. Dalam penyettingan tag header robot ubahsuaian blogger, belum banyak blogger yang mempostingnya, saya sudah search di google, dan sebagian besar para blogger mempostingnya hanya berupa statement dan informasi bukan praktek dan bukti nyata. Sehingga tak jarang blogger pemula merasa kebingungan dalam penyesuaian tag header robot ubahsuaian blogger ini.

Jika Anda tertarik untuk melakukan optimasi blog agar lebih SEO friendly dengan fitur ini, saya akan sedikit berbagi pengetahuan dan pengalaman saya setelah menggunakan fitur preferences blogger dalam penyettingan tag robot ubahsuaian pada blog Super-Bee ini. Agar blog beserta artikel yang Anda posting dalam blog dapat terindeks oleh google lebih cepat Anda perlu melakukan sedikit penyettingan pada fitur search preferences. Bagaimana caranya? Perhatikan dengan seksama penjelasan berikut ini.

1. Login ke account blogger Anda, dan pastikan bahwa Anda sudah memakai dasbor blogger baru.

2. Kemudian pilih menu setting >> search preferences atau preferensi penelusuran

ubahsuaian blogger

3. Kemudian Anda akan dialihkan pada menu ubahsuaian seperti yang dapat Anda lihat pada screnshot dibawah ini

setting tag header
4. Yang pertama Anda lakukan pada menu ubahsuaian ini adalah memasukkan meta deskripsi blog Anda, caranya klik edit pada opsi deskripsi lalu masukkan deskripsi blog Anda kedalamnya.

Catatan : Jika Anda telah memasang meta deskripsi pada template Anda, saya sarankan untuk menghapusnya, jika tidak maka akan terjadi duplikat meta deskripsi pada blog kita.

5. Untuk penyesuaian  custom page not faund, abaikan saja, penyesuaian itu kita lakukan ketika didalam blog kita ada link yang tidak ditemukan atau terjadi duplikat content. Namun jika didalam blog Anda terdapat link rusak atau duplikat content, maka hal ini perlu Anda lakukan. Untuk pengecekannya, Anda dapat berkunjung ke google webmaster tool.

6. Pada fitur search preferences blogger ini, kita juga dapat membuat sitemap blog pada opsi custom robots.txt secara otomatis. Artinya kita tidak perlu lagi ping blog secara berkala, dengan penyesuaian robots.txt untuk sitemap, maka secara otomatis ketika google mengcrawl blog kita seluruh postinga akan segera diindeks oleh google.

Caranya: pilih edit pada custom robots.txt lalu pilih "ya" kemudian copy dan pastekan kode dibawah ini :
  • Untuk potingan blog yang kurang dari 500 artikel
User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://
akramberbagi.blogspot.com /atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

  • Untuk postingan blog yang diatas 500-1000 artikel 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://
akramberbagi.blogspot.com /atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500

  • Untuk postingan blog 1000-1500 artikel 

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http:/akramberbagi.blogspot.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1001&max-results=500
Perhatikan tulisan yang saya beri tanda warna merah, ganti dengan nama web atau blog Anda, kemudian simpan perubahan.

7. Pada poin yang ke 7 ini merupakan inti dari postingan ini, untuk mengoptimalkan tag header robot ubahsuaian, ada beberapa penyettingan yang harus kita lakukan. yaitu dengan memberi centang atau ceklis pada Laman arsip dan penelusuran. Hal ini kita lakukan agar tidak terjadi lagi duplikat content dari arsip blog yang kita miliki.

Caranya : Klik Edit pada opsi Tag header robot ubahsuaian, kemudian pilih "ya", setelah itu beri centang atau ceklis pada kotak noindex dan noarchive pada Laman Arsip dan Penelusuran, agar lebih jelas lihat screnshot dibawah ini:
ECHO 17 http://echo-pitulas.blogspot.com/

Catatan : Pada opsi Beranda dan Default untuk Pos dan Laman kosongkan saja, agar robot crawl google dapat leluasa untuk meng-crawl homepage serta single page pada blog kita.

Demikianlah penjelasan yang dapat saya sampaikan mengenai setting tag header robot ubahsuaian blogger ini, semoga bermanfaat